4 CARA MENIKMATI UPDATE ALGORITMA FACEBOOK

Saya masih 100% setuju dengan orang orang yang berkata bahwa SETIAP MASALAH pasti ada SOLUSI. Dan masalah itu apa?

Beberapa waktu lalu facebook baru saja mengeluarkan update algoritma terbarunya. Alogoritma terbaru ini secara dasar memberikan penurunan dampak engagement kepada user facebook secara umum. Pada awalnya, saya merasa bahwa facebook seakan akan memaksa kita dengan kalimat seperti ini "Kalau mau jualannya rame ya ngiklan dong. bayar dong". Awalnya seperti itu yang saya rasakan...

Bukan apa-apa, dampaknya memang sangat terasa. Newsfeed yang biasanya ramai, menjadi sangat sepi akhir akhir ini. Status status facebook saya (entah jualan atau tidak), yang biasanya ramai komen dan like, akhir akhir ini juga terasa sepi. Akhirnya saya sadar, facebook memang benar benar membuat perubahan secara besar ke dalam algoritmanya...

Akhirnya, saya berfikir..
Bagaimana solusinya? Sedangkan tidak selamanya juga saya (dan anda juga) sanggup untuk beriklan di facebook. Ada yang sanggup beriklan, tapi gak tau caranya. Ada yang tau caranya, tapi gak ada waktunya. Begitulah memang adanya hehe

Akhirnya juga, saya berfikir..
Kenapa saya tidak mencoba membangun akun facebook saya lagi dari awal seperti dulu?

Kenapa saya tidak mencoba mencari audience baru dari akun facebook personal saya seperti dulu?

Nyatanya memang seperti itu. Karena, dari update algoritma di atas, memang ada dampak negatifnya, yaitu dimana orang orang yang dulunya biasanya akan melihat status facebook saya, tidak akan melihatnya. Namun, di balik itu ada "orang baru" juga yang sekarang akhirnya melihat status akun facebook saya, ini dibuktikan dengan beberapa like status yang muncul di status facebook saya dari orang orang yang sebelumnya bahkan tidak pernah like atau komentar di akun facebook saya.

Artinya apa? Artinya, ada masalah ada solusi juga. Yang lama mungkin tdk melihat status facebook saya, namun ada orang baru yang muncul disitu...

Nah, berarti sekarang kembali lagi..

Apakah kita bisa membangun audience ini menjadi pembeli kita? Kan mereka orang baru, berarti kita mulai dari awal untuk edukasi pastinya...

Lalu bagaimana caranya? INI CARANYA...

#1 PAHAMI POLAMU YANG SUDAH BERJALAN SEBELUMNYA

Pengalaman memang adalah guru terbaik untuk kita belajar. Benar? Maka dari itu, dari sinilah kita harus belajar dari pengalaman kita masing masing dengan adanya masalah algoritma update facebook ini. 

Tentu, setiap user atau akun yang teman teman punya memiliki jalan atau pola berbeda beda, sangat tidak adil rasanya jika saya menghakimi setiap user harus memakai metode A, B atau C. Bisa jadi user anu itu memakai pola general dengan cara add friend secara masif, bisa jadi akun user itu memakai pola terfilter dengan sangat rapi. Semua pasti berbeda. 

Nah, pengalaman2 yang sudah dijalankan ini tinggal mengulanginya kembali saat ini. Tujuannya apa? Tentu membangun engagement baru kepada "audience" baru yang datang dari dampak update algoritma facebook tadi. 

Mudahnya begini, orang dan audiencenya boleh baru, tapi tidak untuk cara sekaligus polanya. Kenapa begitu? Karena hasilnya yang di inginkan adalah sama, bahkan kalau bisa lebih bagus dari sebelumnya. Setuju? HAJAR!

#2 DEKATI AUDIENCE (TEMAN FACEBOOK) YANG LAMA

Jangan tinggalkan yang lama meskipun ada yang baru. Intinya disini selain kita berusaha membangun "kolam baru", namun "kolam lama" juga jangan dilupakan ya. Nah, karena orang orang lama yang sebelumnya ada itu tadi pergi karena update algoritma tadi, maka sekarang tugas kita adalah mengembalikan mereka di 'tempat' yang sebelumnya sudah ada.

 Caranya? Sering seringlah like status mereka, komen komen status mereka. Harapannya? Mereka juga akan sebaliknya. Goalnya? Ya kembali seperti semula pastinya. Simple kan? LAKUIN SEKARANG JUGA!

Comments

Most Visited This Month

Bandung Bersinergi Big Seminar - Free

PEMUDA YANG MEMANCING

*Konsep Dasar Magnet Rezeki*

*Law of Projection*

Pengusaha Muda Asal Bandung Ini Pernah Hampir Bangkrut, Mungkin Produknya Kini Sudah di Tangan Anda