Jangan Bosan Belajar Mindset


Disaat kopdar kemaren, ada satu topik diskusi menarik tentang mindset yang ingin saya share kepada teman-teman...

Btw, jika Anda berpikiran "ah tentang mindset lagi, bullshit, omong kosong, teori doank, gak ngefek ke pertumbuhan bisnis, dan lain sebagainya..."

Please jangan seperti itu, berpikiran seperti itu is totally WRONG, sama artinya mindset Anda salah!

Tapi Anda tidak sepenuhnya salah 😀 Dulu juga saya selalu meremehkan mindset... So, benahi mindset Anda pelan-pelan jika tidak bisa cepat.

So, apa topik diskusi tentang mindset pada kopdar kemaren?

👉 Business can't wait
👉 Business adalah relationship Anda (vendor) dengan customers
👉 Anda dengan customers, selain itu gak relevan. Kecuali ada pihak-pihak yang berhubungan, misalnya investor, suplier, dan sejenisnya.

Apa saja yang menjadi hal-hal "gak relevan" pada bisnis?

Adalah teman...

Gak enak soalnya teman gua sudah bikin produk A, jadinya gua gak jadi bikin produk A...

Gak enak ah bersaing sesama teman...

Teman gua sudah jalan bisnis penerbitan bukunya, gak enak bersaing dengan teman, akhirnya ide bisnis penerbitan buku gua gak jadi dieksekusi...

Dan lain sebagainya...

My friend, yang bertanggung jawab terhadap your own destiny adalah diri Anda sendiri, bukan teman, bukan saudara, bukan siapapun...

Bisnis Anda adalah relasi Anda dengan customers, bukan dengan teman...

Saya membuat analogi lain tentang "your own destiny" ini... sebagai berikut:

Di suatu malam, Anda memandangi istri Anda yang cantik dan solehah, anak-anak yang lucu imut hasil buah pernikahan & cinta Anda dan istri...

Coba Anda kilas balik, Anda tidak mungkin mendapatkan kehidupan yang bahagia ini... Istri yang cantik solehah, anak-anak yang lucu imut yang selalu bikin suasana rumah ceria gembira...

Tidak mungkin Anda dapatkan jika Anda mundur melamar sang istri karena alasan teman...

Karena "your own destiny" kehidupan rumah tangga Anda adalah antara Anda, istri, dan anak-anak Anda... Tidak ada hubungannya dengan teman, saudara, atau siapapun.

Tantan Hilyatana

Comments

Most Visited This Month

Bandung Bersinergi Big Seminar - Free

PEMUDA YANG MEMANCING

*Konsep Dasar Magnet Rezeki*

*Law of Projection*

Pengusaha Muda Asal Bandung Ini Pernah Hampir Bangkrut, Mungkin Produknya Kini Sudah di Tangan Anda