Ramuan Viral Series 4

Udah baca Series 3

Nah, itu... #4.  *EMOSIONAL*

Intinya: orang-orang akan menshare tulisan yang menyentuh hati mereka dan hanyut dalam emosi.

Coba pikirkan, kenapa konten di buku pelajaran SMP, SMA, dan Perkuliahan itu boring alias membosankan banget?

Jawabannya: karena tulisannya textual banget, resmi pisan, gak ada jiwanya. Datar..

Padahal, kalau mau buat konten viral, sebaiknya buat tulisan yang menyentuh emosi dan hati mereka.

Menurut penelitian Okdork yang dilakukan oleh Noah Kagan, emosi yang dominan memengaruhi orang share adalah:

- Kagum (25
- Lucu (17
- Terhibur (15
- Bahagia (14
- Marah (6


Maka, sebelum buat konten, pikirkan 1 emosi yang ingin Anda hadirkan...

Saya pribadi pernah menggunakan satu per satu dari lima emosi dominan di atas.

Hasilnya?
Viral keras... kaya virus. Nyebar kemana-mana.

Bahkan beberapa status Saya dishare lebih dari 10.000+ orang, TANPA IKLAN. Organic reach..

Why?
Ya itu tadi, nyentuh emosi...


Gimana caranya?

Pertama, Buat Konten yang Panjang.

Dari sebuah analisa, tulisan yang memiliki jumlah kata lebih dari 3000 kata, lebih viral hasilnya ketimbang yang cuma dikit aja.

Semakin banyak isinya, semakin banyak sharenya.

Inilah kenapa sebaiknya Anda selalu berusaha membuat konten yang berbobot dan panjang.

Semakin lama orang membaca tulisan Anda, semakin "terikat" mereka dengan kontennya. Catat!


Kedua, Kisah Sukses Pribadi atau Orang Lain

Perasaan pembaca akan timbul kalau konten yang dibaca juga menyiratkan perasaan penulisnya.

Konten berupa kisah sukses biasanya menggabungkan lebih dari satu emosi, yaitu kagum dan bahagia.

Saya sering melakukannya, bahkan selalu melakukannya.

Mungkin Anda pernah baca tulisan tentang dulu Saya berjuang saat sakit dan divonis oleh dokter bahwa kemungkinan hidupnya hanya 20 Anda pun mungkin pernah baca tulisan Saya tentang bagaimana Saya bisa bangkit dari bangkrut.

Cek angka sharenya.. tinggi banget. Kenapa?

Karena Saya mengangkat kisah pribadi. Terbukti! Viraaaal...

Ketiga, Analisa Suatu Topik.

Pernah baca status FB tentang analisa Saya kenapa oleh-oleh kekinian begitu laris di Instagram?

Cek deh, itu viral banget. Kenapa?

Karena Saya memainkan poin ini: menganalisa suatu topik.

Tokcer pisan... Viral...

*********
Materi ini adalah sebagian kecil materi di Buku 'Gara-Gara Facebook' yang ditulis oleh Dewa Eka Prayoga. Anda Mau Bukunya ada lanjut ke Next Series 5 , choose it.

Comments

Most Visited This Month

Bandung Bersinergi Big Seminar - Free

5 MANTRA SUKSES

Pengusaha Muda Asal Bandung Ini Pernah Hampir Bangkrut, Mungkin Produknya Kini Sudah di Tangan Anda

Hasil Ecamp Magnet Rezeki

Kaf dan Nun