Apa yang dilakukan ketika BANGKRUT?

Saat bangkrut, hati gelisah, kepala pusing, dompet kering, jadi pegecut, sedih, malas, pelit, dan lain-lain. Hal tersebut sesuai dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita tentang sikap yang akan terjadi saat menghadapai hutang:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia".

Saya mau cerita tentang kisah bangkrutnya kang Dewa boleh?


Kang Dewa pernah mengalami Bangkrut bertubi-tubi hingga bisnisnya almarhum, bahkan meninggalkan kerugian Milyaran. beliau benar-benar merasakan hal-hal tersebut di atas. 

Saat kang Dewa mencoba bangkit dari kebangkrutan, beliau kembali berkarya, menulis, dan berbisnis, banyak orang bertanya kepada kang Dewa, "Kang, apa rahasianya kok bisa tetap tegar walaupun dalam Kebangkrutan? Kalau Saya jadi akang, Saya pasti stress banget...".

Pertama, pasti kang Dewa juga Stress. Hanya saja, kalau berlama-lama dalam kestressan, nggak akan mengubah keadaan. Maka disitu beliau sadar, harus segera bangkit dan berubah.

Kedua, kang Dewa benar-benar Pasrah. beliau tidak bisa memutar waktu ke belakang. Inilah takdir yang Allah tetapkan kepadanya. Bisa jadi ujian, bisa jadi teguran. Entah yang mana yang benar. Alhasil, tugas kang Dewa adalah pasrah. Karena Allah pasti memiliki maksud baik di setiap kejadian yang ditetapkan.

Ketiga, kang Dewa Taubat. mengevaluasi diri tentang apa yang sudah beliau lakukan di masa lampau. Bisa jadi ada dosa besar yang telah beliau lakukan tapi beliau belum taubat dan menyesalinya.

"Fokus memperbaiki diri, Solusi akan menghampiri..."

Lalu apa yang kang Dewa lakukan untuk mengganti kerugian tersebut?

Berjuang, berjuang, dan terus berjuang. Fokus memperbaiki diri dan membantu banyak orang. Harapannya, Allah membantu beliau saat kejatuhan. Teringat pesan gurunya, "Dewa, jika hutangmu sekelas paus, bantulah orang-orang yang punya hutang sekelas tongkol".

Intinya, bantu orang banyak-banyak, supaya Allah bantu kita banyak-banyak. Itulah yang kang Dewa lakukan... Hingga kini, masih banyak orang-orang yang menemui kang Dewa hanya untuk meminta solusi atas permasalahan yang terjadi pada mereka.

Satu pesan yang selalu kang Dewa sampaikan kepada mereka yang sedang Bangkrut...

"Kita boleh kehilangan seluruh Harta kita, tapi kita tidak boleh kehilangan Semangat, Keyakinan, dan Kehidupan kita"

Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang kesalahan-kesalahan kang Dewa dalam berbisnis, menemukan solusi apa yang harus dilakukan saat Bangkrut, Anda bisa membaca buku ke-2 kang Dewa yang berjudul "7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula"

Belajarlah pola Kegagalan. Karena disanalah Anda akan belajar agar terhindar dari Kebangkrutan dalam jumlah yang besar...

Comments

Most Visited This Month

Bandung Bersinergi Big Seminar - Free

PEMUDA YANG MEMANCING

*Konsep Dasar Magnet Rezeki*

*Law of Projection*

Pengusaha Muda Asal Bandung Ini Pernah Hampir Bangkrut, Mungkin Produknya Kini Sudah di Tangan Anda